Jumat, 05 Mei 2023

laporan analisis sistem perikanan tangkap



Laporan Praktikum Analisis Sistem Perikanan Tangkap

PENGEMBANGAN PENANGKAPAN IKAN TUNA MENGGUNAKAN DIAGRAM CAUSAL LOOP

Oleh
Nur Asma
(1611103010008)










JURUSAN PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN
FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM,BANDA ACEH
DESEMBER 2017

 

KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan praktikum “Diagram PENGEMBANGAN PENANGKAPAN IKAN TUNA MENGGUNAKAN DIAGRAM CAUSAL LOOP
Laporan  ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
 Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah  ini.Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat membuat pembaca paham akan stategi pengembangan dan membuat banyak pengetahuan pembaca. 




Darussalam,Desember



Penulis





DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………..ii
DAFTAR TABEL……………………………………………………………………………..iii
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………………………….iv
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………………………..1
1.1  Latar Belakang…………………………………………………………………………2
1.2  Tujuan………………………………………………………………………………….3
BAB II TINJAUAN PUSTAKA……………………………………………………………...4
BAB III METODE PRAKTIKUM…………………………………………………………..5
        3.1 Waktu Dan Tempat……………………………………………………………………5
        3.2 Alat Dan Bahan………………………………………………………………………..5
        3.3 Cara Kerja……………………………………………………………………………...5
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN………………………………………………………6
        4.1 Hasil Pengamata………………….……………………………………………………6
        4.2 Pembahasan……………………………………………………………………………6
BAB V PENUTUP……………………………………………………………………………...7
        5.1 Kesimpulan……………………………………………………………………………..7
        5.2 Saran………………..…………………………………….…………………………….8
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………….9
LAMPIRAN…………………………………………………………………………………….10







DAFTAR TABEL










DAFTAR GAMBAR































DAFTAR LAMPIRAN



 



























BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

                                                                                                                                                                      Diagram causal loop merupakan diagram untuk menentukan sebab akibat baik itu di bidang umum atau bidang perikanan, di sini akan di bahas tentang penggunaan diagram causal loop di bidang perikanan salah satunnya pengembangan penangkapan ikan tuna menggunakan digram causal loopNelayan merupakan salah satu pekerjaan yang diandalkan masyarakat Indonesia.
          Diagram sebab-akibat kausal (CLD) adalah diagram kausal yang membantu memvisualisasikan bagaimana variabel yang berbeda dalam suatu sistem saling terkait. Diagram terdiri dari satu set simpul dan ujungnya. Node mewakili variabel dan sisi adalah link yang mewakili suatu koneksi atau hubungan antara kedua variabel tersebut. Sebuah link bertanda positif menunjukkan adanya hubungan positif dan sebuah link bertanda negatif menunjukkan adanya hubungan negatif. Link sebab-akibat positif berarti kedua simpul tersebut berubah ke arah yang sama, yaitu jika simpul di mana link mulai menurun, simpul lainnya juga menurun. Demikian pula, jika simpul di mana link mulai meningkat, simpul lainnya juga meningkat. Tautan sebab-akibat negatif berarti kedua simpul berubah dalam arah yang berlawanan, yaitu jika simpul tempat hubungan mulai meningkat, simpul lainnya menurun dan sebaliknya Penggunaan diagram causal loop di bidang perikanan adalah untuk mengetahui sebab akibat tentang pengembangan penangkapan ikan tuna agar lebih menemukan titik temu permaslahan kelebihan dan kekurangan penangkapan ikan tuna.                                                  

. 1.2 Tujuan Praktikum


       Tujuan Penggunaan diagram causal loop di bidang perikanan adalah untuk mengetahui sebab akibat tentang pengembangan penangkapan ikan tuna agar lebih menemukan titik temu permaslahan kelebihan dan kekurangan penangkapan ikan tuna.                                                                                               

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


Causal loop diagram merupakan alat bantu untuk mempermudah strukturisasi sistem. Strukturisasi rinci untuk simplikasi kompleksitas sesuai dengan maksud berpikir sistem. Simplikasi berkembang menjadi pola-pola struktur dinamis. Setiap sistem memiliki perbedaan pola perilaku dinamis. Pola-pola dapat dipakai sebagai pedoman awal dalam membangun struktur dinamis yang lebih rinci atau untuk analisis (Muhammadi et al., 2001).
Proses penstrukturan selanjutnya adalah merangkai hubungan kausal itu menjadi sistem tertutup sehingga menghasilkan loops. Sifat positif atau negatif loops diketahui dengan melihat hasil seluruh proses interaksi tandapanah dalam suatu loop; searah (disebut loop positif) atau berlawanan arah (disebut loop negatif). Loop positif berprilaku percepatan atau perlambatan. Loop negatif berperilaku menuju sasaran atas limit (Borshchev et al., 2004).
          Pemecahan masalah terkait peminjaman modal dan kesejahteraan nelayan adalah hal penting yang harus ditindaklanjuti. interaksi yang sangat kuat antara ketersediaan sumber daya ikan, nelayan, dan ekonomi dari hasil usaha penangkapan. Ini membuat kesejahteraan nelayan harus dipandang sebagai bagian dari sistem yang memiliki interaksi dengan komponen sistem bisnis perikanan lainnya. Dengan demikian, pendekatan yang paling tepat dalam penanggulangankesejahteraan nelayan yang rendah
adalah dengan pendekatan sistem.(Widodo,2009)
        Siklus tertutup dalam diagram adalah fitur yang sangat penting dari CLDs. Siklus tertutup didefinisikan sebagai loop umpan balik penguat atau penyeimbang. Sebuah loop penguat adalah siklus di mana pengaruh variasi dalam setiap variabel menyebar melalui loop dan kembali ke variabel yang memperkuat penyimpangan awal yaitu jika sebuah variabel meningkat dalam loop penguat, efek melalui siklus akan menghasilkan kenaikan yang sama. variabel dan sebaliknya. Sebuah loop penyeimbang adalah siklus di mana pengaruh variasi dalam setiap variabel menyebar melalui loop dan kembali ke variabel penyimpangan yang berlawanan dengan yang pertama yaitu jika sebuah variabel meningkat dalam loop penyeimbang, efek melalui siklus akan mengembalikan penurunan ke variabel yang sama dan sebaliknya. (Roy et al., 2000)
         






















BAB III
METODE PRAKTIKUM

3.1 Waktu Dan Tanggal

            Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Praktikum Analisis Sistem Perikanan Tangkap adalah Pada Tanggal 12 Desember 2017 Pukul 16.00 S/D 18.00 Bertempat Di RKU 3 Ruang 01 universitas syiah kuala Banda Aceh.

3.2 Alat Dan Bahan


Table 1 Alat

No

Nama Alat

Jumlah

1

Buku

1 unit

2

Pulpen

1 unit


Table 2 Bahan

No

Nama Bahan

Jumlah

1

Diagram Causal Loop

1


3.3 Cara Kerja

·         Dibuatkan judul yang ingin di buatkan diagram Causal Loop
·         Dibuatkan sebab dan akibatnya
·         Di Tentukan positif dan negatifnya
·         Jadilah diagram Causal Loop






BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Pengamatan

            Terlampir Di Lampiran

4.2 Pembahasan

                Causal loop diagram merupakan alat bantu untuk mempermudah strukturisasi sistem. Strukturisasi rinci untuk simplikasi kompleksitas sesuai dengan maksud berpikir sistem. Simplikasi berkembang menjadi pola-pola struktur dinamis, Proses penstrukturan selanjutnya adalah merangkai hubungan kausal itu menjadi sistem tertutup sehingga menghasilkan loops. diagram causal loop di bidang perikanan salah satunnya pengembangan penangkapan ikan tuna menggunakan diagram causal loop Nelayan merupakan salah satu pekerjaan yang diandalkan masyarakat Indonesia.
            Pengembangan Penangkapan Ikan Tuna Menggunakan Diagram Causal Loop Yaitu diagram sebab akibat tentang penangkapan ikan tuna di diagram ini terdapat Pengusaha sebagai garis panah pertama,pengusaha mengambil ikan dari Penjual, penjual mengambil ikan dari nelayan,nelayan mengkap ikan di fishing grown, ikan yang di tangkap adalah ikan tuna,dan selanjutnya kita lihat panah dari arah kanan yaitu terdapat kapal sebagai sarana transportasi nelayan ke fishing grown, ada Nelayan ada alat tangkap yang di gunakan untuk menangkap ikan tuna, alat tangkap mempunyai dua anak panah yaitu ramah lingkungan dan alat tangkap yang tidak rama lingkungan. Di ramah lingkungan terdapat alat tangkap pancing atau purse seine di anak panah yang tidak ramah lingkungan terdapat trawl.terus dari alat tangkap ada anak panah menuju Umpan,umpan terdapat dua anak panah yaitu Alami dan Buatan untuk memancing datangnya ikan Tuna.
            Diagram Causal Loop yang di buat semuannya memiliki unsur Positif kecuali,di umpan
dan alat tangkap, kenapa dikatakan negatif, karena umpan yang baik untuk di gunakan adalah umpan Alami karna lebih memikat dan ikan lebih menyukainya, jadi ikan akan lebih cepat dating, di alat tangkap nya negative karna menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, jadi tidak bagus untuk ekosistem bawah laut karna dapat merusak ekosistem perairan.
               
               























BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan

                Kesimpulan yang dapat di ambil dari praktikum pengenalan diagram causal loop adalah sebagai berikut;
1.       Digram Causal loop adalah diagram untuk mengetahui sebab akibat suatu perkembangan
2.       Diagram Causal Loop Sangat bermanfaat untuk menemukan titik permaslahan dan solusi
3.       Siklus tertutup didefinisikan sebagai loop umpan balik penguat atau penyeimbang.


5.2 Saran

                Untuk praktikan dan Asisten semuannya sudah bagus harap kedepannya biasa baik seperti ini lagi.




















DAFTAR PUSTAKA

 


Borshchev et al., 2004.Permodelan system.press
Muhammadi et al., 2001. Sistem dan Pemodelan.Universitas Sumatra Utara
Roy et al., 2000. Persoalan Causual Loop Diagram.USU
Widodo,2009.Strategi Nafkah Rumah Tangga Nelayan dalam Menghadapi Kemiskinan.
Kelautan. 2(2): 150-157















 

LAMPIRAN

Gambar 1 Diagram Causal Loop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

laporan analisis sistem perikanan tangkap

Laporan Praktikum Analisis Sistem Perikanan Tangkap PENGEMBANGAN PENANGKAPAN IKAN TUNA MENGGUNAKAN DIAGRAM CAUSAL LOOP Oleh Nu...